-: Oct 19, 2020 / eye21

5 Cara Mengatasi Depresi Akibat Perselingkuhan

0

Cara Mengatasi Depresi Akibat Perselingkuhan

Mengatasi depresi akibat perselingkuhan dapat dilakukan dengan berbagaiu cara, salah satunya adalah dengan  menulis cerita. Dengan begitu kamu bisa meluapkan emosi kamu, kegelisahanmu, kebingunganmu melalui tulisan. Selain itu masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar drimu tidak jatuh kedalam tahap depresi atau gangguan kejiwaan.

Jika kamu sudah merasa depresi atau trauma, berikut ini cara mengatasi depresi akibat perselingkuhan :

1. Menulis Ceritanya

Menulis merupakan salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengurangi depresi akibat perselingkuhan. Dengan menulis kisahmu, maka beban yang kamu tanggung akan menjadi lebih berkurang dan hati kan terasa lebih lega. Cara ini juga bisa kamu gunakan membuka diri dengan orang lain jika kamu sulit terbuka. Menulis dapat membuat kamu cepat pulih dari trauma paska perselingkuhan, jangan sampai kamu memendam perasaan sendirian hingga waktu yang lama. Karena akibatnya kamu bisa menjadi terkena gangguan kejiwaan atau menjadi sulit move on dengan orang lain lagi

Kamu bisa menuliskan tentang perasaanmu saat ini pada buku harian atau pada grup media sosial. Seperti yang pernah dilakukan oleh korban perselingkuhan kisah “Layangan Putus” yang menuliskan ceritanya di sebuah grup penulis Facebook.

2. Curhat Dengan Orang Terdekat

Cara yang kedua adalah dengan berbagi cerita atau curhat dengan orang terdekat yang bisa kamu percaya. Secara tidak langsung, dengan curhat perasaanmu akan menjadi lega terlebih jika orang tersebut dapat membantumu memberikan solusi terbaik. Namun berhati-hatilah, pastikan dia memang bisa dipercaya dan dapat menjaga rahasia dengan apa yang sedang kamu alami.

Ada berbagai dampak perselingkuhan yang biasa dialami oleh korban perselingkuhan, diantaranya menjadi gelisah, depresi, kesusahan meningkat, rasa percaya yang berkurang, menyalahkan diri sendiri, menjadi mudah emosi atau kemarahan meningkat, stress, bahkan bisa berdampak pada kinerja di tempat kerja yang menurun.

3. Lebih Rutin Berolahraga

Cara ketiga adalah dengan berolahraga. Cara ini dapat meningkatkan semangat kamu, sehingga kamu dapat mengurangi trauma akibat perselingkuhan. Kamu bisa melakukan olahraga apa saja yang menurutmu bisa memberikan ketenangan atau olahraga yang dapat memberikan energi baru pada tubuhmu.

4. Melakukan Hobi Yang Disukai

Dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, kamu sejenak dapat melupakan rasa sakit akibat perselingkuhan. Apalagi jika itu merupakan hobi yang benar-benar kamu sukai, rasa bingung, gelisah, cemas dapat dengan mudahnya kamu lupakan.

Beberapa hobi yang dapat membantumu seperti menonton film, membaca buku atau traveling ke tempat-tempat indah bisa menjadi solusi melepas penat dan beban, sehingga menjadikan hati lebih cepat lega.

5. Konsultasi & Terapi Psikologi

Hal yang bisa kamu lakukan adalah mendatangi psikolog untuk dapat membantu meringankan bebanmu. Konsultasikan apa yang telah kamu hadapi pada psikolog. Biasanya mereka akan memberikan saran terbaik dan menganjurkanmu mengikuti terapi rutin hingga kamu dapat merelakan semuanya.

Kelima cara itu bisa kamu coba untuk mengatasi depresi akibat perselingkuhan. Kamu bisa melakukan salah satu cara saja atau semuanya sekaligus, yang terpenting kamu bisa segera kembali pulih dan melanjutkan kehidupan ini dengan normal. Memang rasanya sakit kalau diselingkuhi, apalagi jika perselingkuhan itu terjadi didepan mata kita sendiri. Hati tiba-tiba menjadi tak karuan, rasa gelisah, marah, cemas dan sakit menjadi satu. Ada orang yang dapat menerimanya dengan sabar, namun ada pula yang tidak kuat menahan beban hingga mengakhiri hidupnya.

Tapi buat kamu, jangan pernah melakukan itu. Jangan pernah melakukan hal yang konyol hanya gara-gara kamu diselingkuhi dibelakngmu. Jalan hidupmu masih panjang, kamu masih bisa melakukan hal-hal positif lainnya. Membangun masa depan, merencanakan tujuan hidupmu, hingga menemukan pasangan yang benar-benar bisa menyayangimu dan menerimamu apa adanya.

Bersyukurlah bagi kamu yang memiliki pasangan setia, bisa menerima apapun kondisi kamu dan berusaha menjaga ikatan pernikahan. Akan tetapi kamu juga perlu waspada, karena masalah seperti ini bisa terjadi ke siapa saja. Kamu bisa membaca artikel kami tanda-tanda suami selingkuh agar nantinya kamu bisa lebih peka dan bisa antisipasi agar masalah perselingkuhan tidak sampai terjadi.

Sending
User Review
0 (0 votes)
Posted in: Blog
Post Your

Call Now ButtonCall Detective