-: Nov 06, 2020 / eye21

Wisata Kota Tua Rembang Mengajakmu Menjadi Detektif

0

Wisata Kota Tua Rembang Mengajakmu Menjadi Detektif

Rumah dengan arsitektur kuno di Kota Tua Lasem ini dulu pernah menjadi gudang candu alias narkoba di Pulau Jawa. Rumah dengan julukan Lawang Ombo ini berada di tempat wisata Kota Tua Lasem, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Rumah yang berdiri sejak era 1700-an ini dulu milik Tong Kay dan Tong Day yang dahulunya rutin mendatangkan candu alias opium dari Cina ke Lasem.

Di sini, kamu bisa mendapat banyak cerita tentang penyelundupan opium ke Pulau Jawa. Di rumah ini juga ada sebuah sumur misterius yang kabarnya menjadi jalur utama penyelundupan opium. Sumur ini tadinya berdiameter sekitar 3 meter dan memiliki sambungan langsung dengan Sungai Babagan Lasem. Di sinilah opium akan diangkut dengan sampan kecil yang berlayar di sungai.

Ditempat ini kamu berkesempatan untuk mencicipi pengalaman menjadi detektif dadakan di Lawang Ombo. ini merupakan salah satu dari banyak aktivitas menarik di Kota Tua Lasem. Saat kamu berada di tempat wisata Kota Tua Lasem, kamu akan merasakan sensasi mengunjungi Tiongkok kecil di Pantai Utara Pulau Jawa.

Kota Tua ini juga disebut sebagai Petit Chinois yang merupakan pusat perkembangan imigran Tiongkok terbesar di Jawa pada abad ke-14. Kedatangan imigran tiongkok terjadi karena adanya pelayaran dari armada Laksamana Ceng Ho ke Jawa. Laksamana besar tersebut membuka jalur perdagangan dan kebudayaan dengan Kerajaan Majapahit. Akibatnya, banyak warga dari Tiongkok yang datang ke bagian utara Pulau Jawa dan menetap di Lasem.

Mengunjungi Kota Tua Lasem membuat wisatawan seakan berada pada masa lalu. Terdapat sebuah kelenteng yang sangat terkenal yaitu Kelenteng Cu An Kiong. Karena lokasinya yang sangat strategis, yaitu di depan Sungai Lasem kelenteng ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting untuk film Ca-bau-kan.

Kalau kamu ingin menjadi detektif dadakan di rumah Lawang Ombo yang dahulu menjadi markas penyelundupan opium, tak ada harga tiket khusus yang dipatok untuk masuk ke rumah ini. Pengunjung boleh menyumbang seikhlasnya sebagai tanda terima kasih kepada pemilik rumah yang memperbolehkan berkunjung.

Sending
User Review
0 (0 votes)
Posted in: Blog
Post Your

Call Now ButtonCall Detective