Waspada! Orang Yang Pernah Selingkuh Bisa Melakukannya Lagi

eye21 15 December 2020 0 Comments

Pasanganmu pernah selingkuh? Waspadalah… karena biasanya pasangan yang pernah selingkuh dapat mengulanginya lagi di lain waktu. Alasan serius mengapa hal ini sering terjadi adalah karena pelaku menjadi kecanduan.

Perselingkuhan dapat menjadi masalah serius bagi pasangan yang telah menjalin hubungan pernikahan. Kabar buruknya, perilaku selingkuh dapat menjadi ketagihan atau kecanduan. Seperti penelitian yang pernah dilakukan oleh American Psychological Association’s terhadap 484 orang berusia 18-35 tahun yang menjalin hubungan selama lima tahun, ditemukan fakta bahwa 30 persen mengaku mereka pernah berselingkuh. Bahkan lebih dari setengahnya menyatakan bahwa mereka berselingkuh kembali dalam hubungan berikutnya.

Perilaku selingkuh sebenarnya terkait dengan persepsi individu terhadap pengalaman berselingkuh itu sendiri. Jika seseorang memiliki pengalaman berselingkuh yang menyenangkan maka timbulah persepsi bahwa selingkuh itu menyenangkan. Jika sudah demikian maka bukan tidak mungkin orang tersebut akan melakukan perselingkuhan lagi.

Pengalaman positif dari berselingkuh tidak hanya memunculkan persepsi, akan tetapi juga memunculkan hormon dopamin di dalam otak. Ketika seseorang merasa bahagia dan nyaman saat berselingkuh maka hormon dopamin atau hormon yang menyebabkan sifat kecanduan juga keluar di dalam otak. Efeknya orang tersebut akan menjadi kecanduan untuk melakukan perselingkuhan dikemudian hari.

Selingkuh juga dapat menjadi kebiasaan yang melekat sejak seseorang masih berusia dini. Akan tetapi, perilaku ini masih bisa diubah melalui emosi. Menurut teori emosi, orang yang pernah melakukan tindakan negatif pada umumnya didasari oleh emosi yang negatif pula. Oleh karena itu, jika ingin membuat seseorang berhenti untuk melakukan sesuatu yang negatif maka ubahlah emosinya. Misalnya dengan bertanya kepada yang bersangkutan apakah yang dia rasakan saat berselingkuh? Apa yang terjadi jika dia berada di posisi pasangannya? Apakah orang tua dia dulu pernah berselingkuh hingga membuatnya sakit hati? Digali terus emosinya hingga emosi negatif berubah menjadi positif. Ketika emosi sudah positif maka pemahaman menjadi positif, yang mana artinya perilaku juga akan berubah positif. Itulah salah satu cara agar orang yang pernah selingkuh tidak melakukannya lagi.

Untuk mengetahui tanda-tanda apakah pasangan kamu selingkuh, kamu dapat membaca artikel kami : Tips Ampuh Cara Mengetahui Pasangan Yang Selingkuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonCall Detective