Rekomendasi Film Memento Untuk Menemani Akhir Pekan

eye21 19 December 2020 0 Comments

Menemani akhir pekan dirumah saja, paling seru adalah nonton film. Jika kamu merupakan penggemar film bergenre mistery, mungkin Film Memento akan cocok buat menemani kamu. Memento merupakan film misteri thriller Amerika Serikat tahun 2000 yang disutradarai oleh Christopher Nolan dan diproduseri oleh Jennifer Todd dan Suzanne Todd. Naskah film ini ditulis oleh Christopher Nolan berdasarkan cerita pendek Memento Mori karya Jonathan Nolan. Film ini dibintangi oleh Guy Pearce, Carrie-Anne Moss dan Joe Pantoliano.

Film ini digadang-gadang sebagai salah satu film detektif terbaik sepanjang masa. Memento menceritakan seorang pengidap amnesia yang tidak dapat membuat ingatan baru, dan ingatannya akan hilang setiap 5 menit. Dia dan istrinya pernah diserang oleh orang yang tidak dikenal. Dalam penyerangan tersebut istrinya meninggal dunia dan dia harus mengalami gangguan ingatan. Hal inilah yang memicunya mencari tahu siapa pelaku penyerangan dan pembunuh istrinya, dengan cara menggunakan foto polaroid dan tato pada sekujur tubuhnya.

Kemampuan memori Leonard Shelby (Guy Pearce) mengalami kerusakan akibat cedera yang dialaminya. Memori otaknya tidak mampu lagi digunakan untuk mengingat, sehingga ia terpaksa merangkai kejadian – kejadian yang pernah ia alami dengan menggunakan kamera polaroid, tato di tubuhnya dan catatan kecil yang selalu ia tuliskan tentang segala hal yang ingin ia ingat. Hal terakhir yang diingatnya adalah saat ia memergoki seseorang pria misterius memperkosa dan membunuh istrinya, sebelum pria lain membenturkan kepalanya ke cermin. Berbekal foto, tato dan catatan kecilnya, Lenny mencoba merangkai puzzle dari fakta yang tidak mampu ia ingat untuk menemukan pria misterius yang ia duga menewaskan istrinya.

Memento sukses menggambarkan ambiguitas moral dalam isu yang menjadi inti cerita. Selain gaya bercerita yang tidak biasa, penonton juga akan dibuat kaget dengan plot twist di akhir cerita. Melalui Memento, Nolan justru memutarbalikkan pertanyaan yang kerap muncul kalau kita menonton sebuah film. Biasanya, kalau kita nonton film, kita sering bertanya, “Wuahhh… what will happen next?”. Tapi, di film ini pertanyaan yang justru muncul adalah, “What happened before?”. Sekilas film ini memang agak membingungkan, karena Nolan membagi film ini dalam scene – scene independen yang terputus – putus setiap kali ingatan si Leonard pudar akan kejadian yang barusan ia alami. Tambahan pula, Nolan merangkainya dalam adegan flashback alias alur mundur. Jadi, jangan harap Anda bisa meleng sedikitpun kalau menontonnya, karena satu scene kamu lewatkan dijamin akan bingung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonCall Detective