-: Nov 18, 2020 / eye21

Pentingnya Mengetahui Latar Belakang Partner Bisnis

0

Pentingnya Mengetahui Latar Belakang Partner Bisnis

Memilih relasi atau partner dalam berbisnis tidaklah gampang. Apalagi jika mau menjalin kerjasama jangka panjang, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah mengetahui latar belakang partner bisnis agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Untuk mengantisipasi kerugian baik material maupun non-material, alangkah baiknya untuk lebih selektif dalam memilih rekan bisnis. Jangan asal partner-an, mentang-mentang sudah teman baik. Ada beberapa hal yang bisa menjadi indikator buat kamu nantinya, diantaranya :

1. Sudah Kenal Cukup Baik

Memiliki bisnis yang melibatkan uang didalamnya, akan menjadi riskan jika memilih rekan bisnis yang asing buat kita. Musti harus mengetahui latar belakang partner bisnis terlebih dahulu. Ini bukan negative thinking atau berprasangka buruk, namun lebih kepadakehati-hatian. Diluar sana banyak berita tentang rekan bisnis yang menggelapkan dana perusahaan dan kabur menghilah entah kemana. Tak jarang pula yang jadi korban banyak yang merupakan teman baik dari si pelaku.

Jika kita mau jujur, kenal baik dengan seseorang bukanlah jaminan untuk dapat bekerjasama dalam bisnis dengan baik. Tapi setidaknya sudah mengenal partner bisnis dengan baik, jika terjadi sesuatu akan lebih mudah karena sudah mengetahui karakter masing-masing.

2. Punya Visi dan Misi Yang Sama

Menjalankan bisnis bukan hal sepele apalagi jika dijalankan dengan rekan bisnis. Salah satu hal vital yang perlu diperhatikan saat memilih rekan bisnis adalah mempunyai visi dan misi yang sama. Jika kita dan rekan bisnis punya visi dan misi yang berbeda, ibarat sebuah perempatan jalan. Yang satu menuju ke kanan dan yang satu mau ke kiri, ujung-ujungnya adalah bubar karena beda arah.

3. Punya Sifat Melengkapi

Kita tahu sandal atau sepatu dibuat selalu berpasangan, kanan dan kiri. Kalau keduanya sama kanan atau kiri, jadi gak bisa dipakai, alias tidak berguna. Perumpamaan tersebut bisa menggambarkan situasi saat memilih rekan bisnis. Kalau kita ibarat sepatu kanan, carilah rekan bisnis sebagai pelengkap seperti sepatu kiri.

Pilihlah yang dapat melengkapi keahlian kita. Misalnya, kalau kita ahli dalam bidang accounting dan manajemen, kita bisa cari partner bisnis yang mahir di bidang sales dan marketing.

4. Gak Baperan

Setiap orang pasti punya perasaan, tapi ketika sudah menyangkut soal bisnis janganlah bawa perasaan. Pilih rekan bisnis yang paham apa itu profesionalisme, yang bisa menerima kritik dan beradu argumentasi secara sehat. Sering-seringlah berdiskusi dengan rekan bisnis. Jangan pernah membawa permasalahan pribadi masing-masing ke urusan bisnis. Pilih rekan bisnis yang jauh dari kata “saya yang paling berkontribusi” hanya karena dia yang menyumbang modal.

5. Kecakapan Komunikasi

Ingin mencapai satu tujuan yang sama pastinya harus dipersenjatai dengan komunikasi yang baik. Percuma punya partner bisnis yang ciamik soal keuangan, misalnya, tapi gak komunikatif. Semisal penjualan bulan ini menurun malah diam saja. Idealnya segala sesuatu yang dirasa berpengaruh sama bisnis wajib dikomunikasikan bersama rekan bisnis.

6. Punya Etos Kerja Yang Baik

Pilihlah rekan bisnis yang punya etos kerja yang baik. Siap membangun dan menjalankan bisnis bersama dengan optimal. Bicarakan aturan kerja dan sepakati bersama, mulai dari jam kerja hingga pembagian tugas dan tanggung jawab masing-masing. Kalau partner bisnis kita yang menyumbangkan modal, berarti bagian kita adalah tenaga.

Ibarat cari pasangan hidup, mencari rekan bisnis yang sepaham butuh proses. Jangan gegabah ambil keputusan kalau tidak ingin bisnisnya gagal begitu saja.

Sending
User Review
0 (0 votes)
Posted in: Blog
Post Your

Call Now ButtonCall Detective