Orang Tua Wajib Tahu! Cara Mengatasi Kenakalan Remaja

eye21 3 February 2021 0 Comments

Kenakalan remaja adalah sebuah fenomena sosial yang tidak terbantahkan.Ada berbagai macam kenakalan remaja yang saat ini merebak di kalangan masyarakat. Ada yang bisa diperbaiki, namun juga ada yang susah karena sudah menjamur di masyarakat. Meskipun demikian, sebagai orang tua tentu akan melakukan berbagai cara agar anaknya tidak terjerumus pada kenakalan remaja saat ini. Nah untuk menindak lanjuti hal tersebut, berikut ini adalah hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja.

1. Orangtua Perlu Mengendalikan Emosi Sendiri

Remaja justru bisa bertindak lebih tidak terkendali ketika orangtua memberikan reaksi yang sama reaktifnya. Salah satu ciri umum remaja adalah mereka senang memprovokasi orangtua sehingga orangtua bereaksi negatif. Oleh karenanya, orangtua tidak boleh hilang kendali saat menghadapi anak remaja. Usahakan selalu tenang dalam menghadapi anak yang sedang emosi atau marah-marah.

2. Membangun Komunikasi yang Intim dengan Anak Remaja

Dengan memiliki komunikasi yang baik dengan anak remaja, orang tua akan lebih bisa untuk menjangkau mereka dan mengerti tentang dunianya. Sebagai permulaan, orang tua bisa melakukan pendekatan yang persuasif dengan anak. Pancing mereka dengan hobi atau sesuatu yang sedang trend, sesuatu yang dia sukai. Dan ketika mereka sudah mulai terbuka, pastikan untuk tidak mudah melakukan penghakiman secara sepihak. Dengarkan mereka secara penuh seperti seorang sahabat, baru memberikan pengertian kepada anak tentang hal-hal yang perlu dihindari pada saat remaja.

3. Membuat Batasan Yang Jelas

Setelah memastikan kedekatan antara orang tua dengan anak remaja, kini saatnya orang tua untuk bisa membuat kesepakatan bersama. Dengan adanya kesepakatan bersama seperti ini, anak remaja bisa memahami adanya batas dari segala tindak-tanduknya di rumah dan di lingkungannya agar bisa sesuai dengan norma yang sudah ditentukan. Agar remaja tidak salah arah, perlu juga diberi pemahaman tentang kehidupan bermasyarakat, norma-norma dalam masyarakat atau mengajak remaja untuk aktif dalam kegiatan positif di masyarakat.

Nah itulah beberapa kenakalan remaja yang mesti mendapatkan perhatian dan pengawasan. Semoga anak-anak di rumah tidak terjerumus ke dalam kenakalan yang merugikan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonCall Detective