Mendengarkan Pasangan Menjadi Kunci Hubungan Harmonis

eye21 5 February 2021 0 Comments

Mendengarkan pasangan ternyata bisa menjadi kunci hubungan yang harmonis, namun nyatanya menjadi pendengar yang baik tidak mudah. Kamu pasti akan membutuhkan rasa sabar yang besar. Ketika kamu berusaha untuk memahami pasangan, kamu akan mencurahkan perhatian penuh pada pasangan. Semakin sering melakukannya, semakin kamu jago dalam memahami pasangan, dan semakin positif juga hubungan kalian berdua.

Nah untuk menjadi pendengar yang baik, berikut ada beberapa tipsnya:

  • Coba posisikan kamu sebagai pasangan, atau orang yang bercerita
  • Fokus dan dengarkan makna-makna penting dari isi cerita
  • Perhatikan bahasa tubuhnya, biasanya bahasa tubuh menujukkan perasaan yang sebetulnya
  • Berikan empati ketika mereka bercerita
  • Jangan membuat penilaian langsung, dan jangan mengelak ketika Anda menjadi masalah dari cerita yang pasangan Anda curahkan.
  • Tatap mata pasanganmu ketika dia berbicara
  • Tegaskan bahwa kamu mendengarkan, contohnya kamu bisa mengangguk atau sesekali berkata “iya”.
  • Sesekali coba ulangi perkataan yang pasangan ucapkan, sambil memberikan komentar netral.

Misalnya ketika pasangan Anda tampak sedih kemudian mengatakan,”tadi siang aku dimarahi bos di kantor”. Anda bisa mengatakan,”pasti sedih ya dimarahi bos. Memangnya apa yang terjadi?”. Dengan mengulangi apa yang diceritakan pasangan dan merangkum perasaannya yang tampak dari bahasa tubuh dan ekspresi, ia akan tahu bahwa kamu menyimak tanpa perlu kamu berkata,”aku paham” atau “aku mendengarkan”.

Kamupun bisa memberikan sentuhan untuk menunjukkan bahwa kamu perduli dengan pasanganmu, misalnya dengan menggenggam tangan atau merangkul sambil mendengarkan pasangan bercerita.

Jika kamu mendengarkan keluh kesah pasangan, hal itu cenderung akan membuat pasanganmu semakin terbuka denganmu. Pastinya kamu tidak mau, kalau pasangan sering berbohong dan cenderung menutupi semua hal, apalagi sampai pasanganmu nekat selingkuh dan meninggalkanmu. Kamupun bisa mewujudkan hubungan yang harmonis dengan membuka jalur komunikasi dua arah. Dan yang paling penting, kamu bisa menjadi pilar kokoh untuknya pasangan untuk menampung cerita atau masalahnya.

Kemampuan dan keikhlasan kamu untuk mendengarkan pasangan adalah tanda kamu mau memahami pesan-pesan yang pasanganmu lontarkan dalam curahannya. Kamupun juga bisa memperbaiki hal-hal yang sebelumnya tidak benar dan keromantisan pun bisa terjalin dengan utuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonCall Detective