Kehilangan Anak Di Tempat Wisata, Lakukan 5 Hal Ini

eye21 24 November 2020 0 Comments

Kehilangan Anak Di Tempat Wisata, Lakukan 5 Hal Ini

Sebentar lagi liburan akhir tahun tiba, sudah menjadi kebiasaan umum banyak orang akan melakukan perjalanan wisata baik didalam kota maupun luar kota. Tak jarang orang tua juga akan mengajak anak turut serta ke tempat wisata. Tapi perlu hati-hati, lengah sedikit saja dari pengawasan anak bisa mendadak terpisah dari genggaman kita. Lalu langkah apa yang perlu diambil ketika tiba-tiba anak hilang luput dari pengawasan orangtua?

Mengatasi permasalahan kehilangan anak, tindakan yang tepat orangtua adalah kunci dari keberhasilan dalam menemukan anaknya yang hilang. Mengingat anak yang masih kecil memiliki ingatan yang minim dalam mencari arah. Belum lagi dikhawatirkan terjadi sesuatu yang buruk menimpa anak. 5 Hal yang perlu dilakukan orang tua saat kehilangan anak ditempat wisata adalah sebagai berikut.

1. Ingat kembali waktu pertama kali anak menghilang

Saat orang tua menyadari anaknya tidak lagi berada di sekitar, cobalah untuk teriakkanlah namanya sekeras mungkin. Hal ini untuk mengetahui apakah anak masih berada di tempat terdekat. Lakukan hal itu selama beberapa saat, jangan langsung pergi mencari terlalu jauh apalagi meninggalkan tempat pertama kali menyadari. Jika anak sudah agak besar, tidak menutup kemungkinan ia akan kembali ke tempat semula.

2. Minta bantuan kepada petugas informasi

Umumnya di tempat-tempat wisata menyediakan meja informasi dan bisa dimanfaatkan saat terjadi hal ini. Jelaskan dengan rinci nama anak, usia dan deskripsi lengkap seperti baju apa yang dikenakan pada hari itu. Ceritakan juga dimana terkhir kali melihat dia, hal ini akan membantu untuk melakukan pencarian.

3. Cari di pusat mainan

Biasanya anak-anak akan hilang di tempat-tempat yang mungkin membuatnya tertarik, seperti di wahana mainan atau kedai es krim terdekat. Anak-anak mudah terdistraksi dengan sesuatu yang mereka sukai.

4. Cek ke toilet umum

Bagi anak  seusia 7-10 tahun yang sudah bisa buang air sendiri, kemungkinan besar akan lari ke toilet sendiri saat ingin buang air kecil. Anda bisa mengecek keberadaannya di toilet umum tempat wisata.

5. Minta bantuan pihak keamanan

Jika nama anak sudah dipanggil melalui pihak informasi dan tidak ada respon, segera minta bantuan pihak kemanan. Cara ini akan membuat pihak keamanan tempat wisata akan menyebarkan informasi dengan cepat untuk menemukan dimana anak berada.

Jika dalam waktu lama anak tetap tidak diketemukan, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah menghubungi pihak kepolisian. Namun jika anda ingin langsung ada tindakan penyelidikan dan pencarian, bisa menghubungi jasa detektif swasta yang memiliki agen tersebar dimana-mana.

Kendati begitu, jangan sampai hal seperti ini membuat anda dan keluarga trauma untuk pergi berwisata. Anda bisa melakukan edukasi pada anak, ceritakan kepada mereka saat akan menjauh. Misalnya saja dengan menarik tangan atau memberitahu sebelum pergi ke tempat tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonCall Detective