-: Nov 19, 2020 / eye21

Ini Dia 3 Jenis Detektif Yang Perlu Kamu Ketahui

0

Ini Dia 3 Jenis Detektif Yang Perlu Kamu Ketahui

Kita pasti tahu siapa itu detektif, karena banyak sekali film-film yang beredar disekitar kita yang menceritakan kisah seorang detektif. Namun pada film-film itu, kebanyakan menceritakan seorang detektif yang baru menangani investigasi tentang kriminalitas.

Profesi sebagai detektif, sebenarnya tidak hanya ada di film saja. Di kehidupan nyatapun banyak orang yang menjadi detektif yang tidak kita sadari. Tak hanya menginvestigasi masalah kriminalitas, namun juga masalah lainnya yang penuh teka-teki. Ada beberapa jenis atau tipe detektif dikehidupan nyata berdasarkan jenis kasus yang ditangani.

1. Detektif Kepolisian

Institusi kepolisian memiliki detektif sendiri untuk memecahkan sebuah kasus. Detektif kepolisian dilatih dan direkrut oleh pemerintah untuk melakukan kegiatan investigasi terkait dengan tindak kriminal dan dugaan aktivitas kriminal.

Beberapa hal yang ditangani oleh detektif kepolisian diantaranya :

  • Investigasi kejahatan
  • Mengumpulkan bukti kejahatan
  • Melakukan wawancara dengan saksi dan tersangka
  • Mengamati aktivitas para tersangka
  • Menangkap tersangka
  • Menulis laporan terperinci dan mengisi formulir yang diperlukan
  • Mempersiapkan kasus dan bersaksi di pengadilan

Tidak seperti petugas polisi biasa, detektif polisi biasanya mengenakan pakaian preman dan mengendarai kendaraan tanpa tanda. Mereka bekerja dengan cara menyamar untuk mengamati, memantau, dan merekam aktivitas penjahat. Gunanya adalah membuat cukup untuk mengumpulkan bukti yang diperlukan untuk dakwaan.

Namun, sebagian besar bukti substansial diperoleh melalui interogasi terhadap para penjahat dan saksi. Sebelum melakukan penangkapan, detektif polisi harus memastikan bahwa bukti kolektif itu akurat, benar, dan dapat diandalkan. Bukti terbaik dalam kejahatan apa pun adalah pengakuan langsung, dan detektif polisi berhak menggunakan teknik psikologis, penyesatan, dan kebohongan untuk mendorong penjahat agar mengaku.

2. Detektif Swasta

Detektif swasta adalah agency profesional yang  secara khusus telah menjalani beberapa pelatihan tentang cara menganalisis beberapa informasi, serta merancang cara dan strategi untuk mengungkap aktivitas target mereka.

Detektif swasta biasanya bukan berasal dari anggota kepolisian atau tentara. Mereka adalah konsultan swasta yang disewa untuk mengungkap suatu tindakan tertentu baik di masyarakat atau organisasi. Seorang agen detektif swasta sangat pandai menemukan apa pun. Mereka menggunakan berbagai metode investigasi untuk menemukan apa pun yang menjadi target mereka.

Beberapa hal yang dilakukan oleh detektif swasta diantaranya  :

  • Menemukan Orang Hilang
  • Pemulihan Properti Hilang / Dicuri
  • Mengungkap adanya perselingkuhan
  • Uji Kelayakan Investigatif dll.

Dalam melakukan penyelidikan, detektif swasta akan memulai dengan mengumpulkan bukti awal untuk dijadikan petunjuk penyelidikan.

3. Detektif Forensik

Detektif Forensik bekerja dengan menggunakan metode ilmiah dan pengetahuan ilmiah untuk menyelidiki dan menganalisis bukti fisik dari tempat kejadian perkara. Mereka membantu memecahkan kejahatan dengan menentukan bagaimana dan kapan kejahatan terjadi dan siapa yang melakukannya dengan menganalisis sampel yang relevan dan menjalankan tes ilmiah.

Detektif Forensik akan mengumpulkan bukti dari TKP seperti sidik jari, cairan tubuh, dan senjata, serta menulis catatan atas pengamatan mereka, mengambil foto, membuat sketsa, dan sampel tas untuk dibawa ke lab untuk dianalisis nanti.

Dengan menulis laporan dan menggunakan bukti ilmiah yang kuat untuk membuktikan apa yang sedang terjadi. Bukti-bukti yang terkumpul harus menghadapi pengawasan yang ekstrim, terutama di pengadilan.

Sending
User Review
0 (0 votes)
Posted in: Blog
Post Your

Call Now ButtonCall Detective