-: Nov 13, 2020 / eye21

Iniliah Cara Kerja Detektif Swasta Di Indonesia

0

Iniliah Cara Kerja Detektif Swasta Di Indonesia

Mungkin sebagian dari kamu baru tau, kalau di Indonesia ada salah satu pekerjaan yang unik seperti di film, yaitu sebagai detektif. Tidak hanya di film, ini adalah sebuah profesi yang benar ada di kehidupan nyata. Cara kerja detektif swasta di Indonesia juga mirip dengan cerita detektif di film, yaitu melakukan penyelidikan dengan berbagai cara hingga teka-teki terpecahkan.

Layanan detektif swasta yang paling banyak dipakai oleh sebagian orang adalah jasa penyelidikan kasus perselingkuhan. Ternyata kasus perselingkuhan masih marak di Indonesia, sehingga banyak orang mencari kebenaran dari permasalahan perselingkuhan dengan menyewa detektif swasta.

Cara kerja detektif swasta tergantung kasus yang sedang ditangani. Jika tujuannya adalah untuk mencari bukti perselingkuhan yang dilakukan pasangannya, maka hal utama yang diperlukan adalah mendapatkan informasi awal tentang kebiasaan targetnya. Biasanya dalam kasus perselingkuhan, sebelumnya pasti sudah ada kecurigaan atau ada indikasi terlebih dahulu terhadap pasangan. Informasi mengenai keseharian targetnya akan menjadi sangat penting. Jika target memang sudah ketahuan selingkuh, maka yang dicari adalah bukti nyata dari target.

Informasi awal nantinya juga akan menentukan besarnya tarif layanan. Seperti diketahui bahwa layanan jasa detektif swasta belum ada tarif yang pasti. Biasanya tarif akan diperhitungkan berdasarkan biaya operasional tim terkait dalam melakukan penyelidikan. Biaya operasional bisa satu minggu atau satu bulan tergantung dari kesepakatan.

Setelah informasi awal didapat, pengelola detektif swasta akan memberikan intruksi kepada para agen untuk memulai membuntuti targetnya. Untuk dapat mengetahui secara pasti kemana saja targetnya pergi, tergadang agen juga akan menggunakan alat pelacak GPS yang dia tempelkan di kendaraan targetnya. Alat GPS yang dia gunakan berbentuk kotak kecil yang dilengkapi dengan perekat. Selain GPS ada juga peralatan lainnya yang digunakan detektif swasta seperti teropong, kamera profesional, kamera kecil, smartphone, bahkan sampai alat canggih seperti kamera tersembunyi dalam kacamata maupun pena.

Seperti dalam film detektif, alat GPS itu dia tempelkan ke kendaraan target secara diam-diam saat targetnya lengah. Selanjutnya target akan dibuntuti dengan menggunakan kendaraan mobil atau motor. Kendaraan yang di gunakan setiap harinya juga berbeda-beda untuk menghindari kecurigaan targetnya.

Biasanya para agen detektif sudah terbiasa untuk membaca gelagat targetnya saat dibuntuti. Biasanya jika target sudah merasa diikuti, target akan sering berhenti atau tiba-tiba belok ke jalan yang tidak biasa. Dalam kondisi seperti itu maka akan ada tim lain yang menggantikannya untuk meneruskannya. Proses ini bisa berlangsung lama atau cepat, tergantung para agen sudah mendapatkan bukti kongkretnya atau belum.

Nah, selain menjalani misi penyelidikan tentang perselingkuhan, kebanyakan detektif swasta juga melayani jasa untuk urusan bisnis. Seperti mencari bukti adanya tindak korupsi yang dilakukan pegawainya atau penyelewengan aset perusahaan. Untuk menjalani misi seperti itu, biasanya akan memanfaatkan jaringan yang berada di instansi-instansi atau melalui informan di berbagai instansi penting hingga perbankan.

Sending
User Review
0 (0 votes)
Posted in: Blog
Post Your

Call Now ButtonCall Detective