Cara Bijak Menggunakan Media Sosial Agar Privasi Terjaga

eye21 17 December 2020 0 Comments

Era digital ini, media sosial seolah sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang. Dari mulai mengunggah foto-foto pribadi, mengungkapkan ekspresi hingga perasaan emosional terkadang juga ikut diutarakan di media sosial. Sebenarnya itu adalah hak masing-masing orang, namun terlepas dari kebiasaan itu masih ada cara bijak menggunakan medial sosial agar privasi terjaga. Tidak semua hal akan menjadi baik jika diutarakan pada media sosial, apalagi jika itu menyangkut tentang personal. Nah berikut ini tips-tips yang bisa kamu lakukan agar privasi kamu tetap terjaga.

1. Kenali Siapa Saja Teman Kamu

Lebih baik memiliki sedikit teman di media sosial yang kamu benar-benar mengenal mereka, daripada banyak teman tapi banyak yang tidak kita kenal atau ketahui. Belum tentu semua orang baik apalagi jika belum pernah ketemu dan mengenalnya lebih jauh, jadi berhati-hatilah saat menerima permintaan pertemanan atau pengikut (followers). Karena banyak kasus orang menjadi korban kriminal yang dilakukan oleh teman yang baru dikenalnya lewat media sosial.

2. Jagi Privasi

Jangan mudah membagikan informasi yang bersifat pribadi di media sosial. Terutama kalau kamu memiliki banyak teman yang sebenarnya tidak semuanya kamu kenal. Jangan mencantumkan alamat rumah, jadwal keseharian, kartu identitas diri atau nomor kontak pribadi. Untuk lebih meningkatkan keamanan, lebih baik kunci akun media sosialmu sehingga segala postingan hanya bisa dibaca oleh orang-orang yang berteman denganmu saja.

3. Mengedepankan Etika

Bersosialisasi di media sosial adalah sama saja seperti saat berada didunia nyata yang harus mengedepankan etika. Kita tidak boleh seenaknya menulis kata-kata apalagi sampai menyinggung perasaan orang lain. Setiap orang punya latar belakang yang berbeda-beda, jadi salinglah menghormati dan jangan pernah menghina ataupun merendahkan. Ingatlah untuk selalu mengendalikan diri dalam berkomentar dan lebih baik membagikan hal-hal yang positif dan menginspirasi.

4. Batasi Bermedia Sosial

Walapun media sosial saat ini sudah menjadi gayahidup baru, namun alangkah baiknya kamu membatasi diri dalam menggunakan media sosial. Kehidupan yang sebenarnya adalah kehidupan di dunia nyata bukan dunia maya. Sebisa mungkin, luangkan waktumu untuk bisa bersosialisasi di kehidupan nyata. Sapalah tetangga di sekitar rumahmu jika kebetulan kamu bertemu mereka. Pergilah berkunjung ke rumah saudara dan teman untuk sekadar bertamu, membagikan makanan atau memberikan oleh-oleh saat pulang dari bepergian jauh.

5. Jauhi Emosi
Jangan menggunakan media sosial saat kamu sedang emosi. Ketika sedang marah, biasanya kita sudah tidak berpikir panjang lagi saat mengetik kata-kata. Tentu hal itu sangat berbahaya dan bisa membuatmu sangat menyesal akibat dampak buruk yang ditimbulkan. Lebih baik tenangkan diri dan berdoa agar emosimu cepat mereda.

Nah itulah beberapa cara bijak menggunakan media sosial. Selalu kontrol kebiasaan kamu dalam memposting dan membagikan sesuatu di media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonCall Detective