5 Macam Kenakalan Remaja Yang Wajib Orang Tua Ketahui

eye21 2 February 2021 0 Comments

Sebagai orangtua, tentunya menginginkan anak-anaknya tumbuh dengan baik, mengembangkan karakter yang berbudi luhur, dan memiliki jiwa kemanusiaan yang mendalam. Namun pada kenyataannya, ada saja halangan untuk bisa mendidik seorang anak. Ada berbagai faktor yang menyebabkan remaja menjadi bertingkah laku negatif. Beberapa bentuk kenakalan remaja yang wajib orang tua ketahui.

1. Perkelahian Remaja

Perkelahian antar remaja menjadi salah satu hal yang cukup sering dilakukan. Tawuran antar pelajar tentu menjadi sesuatu yang sia-sia, karena seringkali disebabkan hal sepele yang bahkan bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, perkelahian antar remaja, khususnya di kalangan, menjadi sesuatu yang mesti mendapatkan perhatian orangtua dan lembaga pendidikan.

2. Penyalahgunaan Narkotika

Kenakalan remaja adalah sebuah fenomena sosial yang tidak terbantahkan. Salah satu bentuk kenakalan remaja yang sangat berbahaya adalah penyalahgunaan narkotika. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan remaja terjerumus ke dalam tindakan kriminal seperti ini, salah satunya akibat perkembangan zaman dan status ekonomi.

3. Minum Minuman Keras

Minuman keras di Indonesia memiliki regulasi yang jelas. Sebagai salah satu pihak yang belum boleh minum minuman keras, sebagian remaja ada saja yang merasa penasaran untuk bisa mencicipi minuman beralkohol sebelum waktunya. Dilihat dari sisi medis, remaja masih cukup rentan untuk bisa menerima dampak buruk dari alkohol. Anak remaja yang mengonsumsi minuman beralkohol akan mengalami sejumlah perubahan terkait cara berpikir dan berbicaranya.

4. Melakukan Seks Pranikah

Hubungan seks di kalangan remaja mengalami peningkatan. Hal ini tentu bisa berbahaya jika ditinjau dari sisi kesehatan, norma setempat, serta agama. Remaja yang melakukan seks pranikah umumnya belum mengetahui bahaya serta risiko yang mungkin terjadi. Oleh karenanya, memberikan pendidikan seksual menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh orangtua untuk bisa mengedukasi anak remaja di rumah.

5. Melakukan Tindakan Kriminal

Ada saja kenakalan remaja yang berujung pada tindakan kriminal, misalnya perampokan, pemerkosaan, dan pencurian. Meski kejadian ini memiliki presentasi yang lebih kecil dibandingkan dengan kenakalan remaja di atas, tetapi sebaiknya oragtua tetap melakukan pengawasan tentang adanya kemungkinan kenakalan remaja yang berujung pada tindakan kriminal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonCall Detective