5 Tips Sebelum Sewa Jasa Detektif Swasta


Seperti yang kita tahu Jasa Detektif Swasta di Indonesia masih simpang siur legalitasnya, karena tidak adanya aturan yang memperbolehkan dan juga tidak ada aturan yang melarang. Dengan demikian, untuk mengetahui sah atau tidaknya suatu pekerjaan yang dilakukan oleh Detektif Swasta tersebut, harus dilihat dari keseluruhan lingkup pekerjaannya, apakah hal yang dilakukannya tersebut melanggar ketentuan undang-undang atau tidak.

Didukung dengan keahlian, teknologi dan peratalan yang canggih, seorang Detektif Swasta akan bekerja dengan pola dan teknik investigasi khusus yang akan disesuaikan dengan persoalan atau permasalahan yang di berikan oleh klien.

Bagi sebagian masyarakat yang memiliki persoalan kompleks dengan kemampuan ekonomi tertentu pasti akan memilih untuk sewa Jasa Detektif Swasta dalam membantu persoalan mereka, Jasa Detektif Swasta sendiri dinilai lebih aman secara privasi dan tidak mengungkap hasil ke publik.

Misalnya, dalam level individu seperti kasus perselingkuhan, mereka sangat memahami bahwa bukan berarti polisi tidak mampu menangani kasus seperti ini melainkan prioritas penanganan hukum yang harus dilakukan oleh polisi akan mengutamakan hal yang bersifat emergency untuk kepentingan masyarakat umum. Tentu saja alasan ini membuat orang-orang dengan kemampuan ekonomi tertentu memilih untuk mengambil jalur mandiri atau independen dengan menyewa Jasa Detektif Swasta.

Berikut adalah 5 Tips dan Cara sebelum menyewa Jasa Detektif Swasta

tips-sewa-detektif-swasta

1.  Lakukan Riset / Penelitian

Layanan Jasa Detektif Swasta dapat Anda temukan dengan mudah di mesin pencari Google. Biasanya jasa layanan detektif swasta yang di tawarkan merujuk kepada persoalan individu, seperti misalnya perselingkuhan, suami selingkuh dengan wanita lain, istri sewa Jasa Detektif Swasta untuk selidiki pasangan selingkuh. Dan dalam kasus perselingkuhan semacam ini biasanya penyelesaiannya akan dibantu dengan petugas formal yaitu pengacara. Detektif swasta ini pada dasarnya hanya memberikan data dan bukti-bukti saja, sedangkan hasil akhir rumah tangga akan diserahkan kepada kliennya.

Ingat! Jangan biarkan situasi mendesak membuat Anda bekerja dengan agen Detektif Swasta yang salah. Tanyakan relasi atau teman-teman Anda apabila mereka memiliki rekomendasi detektif swasta.

Jasa Detektif Swasta di Indonesia memang belum memiliki legalitas payung hukum dari pemerintah dan negara, jadi pastikan bahwa Anda memilih Jasa Detektif Swasta yang berpengalaman dalam menyelesaikan persoalan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cobalah untuk mencari tahu nama Agensi Detektif Swasta yang akan bekerja dalam kasus Anda, periksalah dari berbagai informasi yang tersedia.

2.  Lakukan Negosiasi

Jasa Detektif Swasta atau Private Investigator umumnya dibayarkan per-jam atau per-hari, setiap agensi memiliki rentang tarif sewa detektif yang beragam bergantung pada kompleksitas kasus dan lamanya penyelidikan. Jadi pastikan Anda bernigosiasi dari awal dan mendapatkan biaya terbaik dan hasil yang maksimal.

3.  Buatlah Kontrak Kerja Tertulis

Mintalah persetujuan kerjasama dengan Agensi Detektif Swasta secara tertulis, periksa lembar kontrak dengan hati-hati sebelum penandatanganan. Pastikan bahwa keseluruhan dalam isi kontrak dengan apa yang akan Anda bayarkan tersampaikan dengan jelas.

4.  Pastikan Anda Mengerti Hukum

Pastikan bahwa Anda mengerti dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia untuk mencegah pelanggaran kontak, sehingga apabila terjadi pelanggaran kontrak atau tidak sejalan dengan perjanjian yang ada Anda dapat menuntut pertanggungjawaban secara hukum.

5.  Percayakan Kasus

Hal ini sangat penting bagi Anda untuk mempercayakan penyelesaian dan progress kasus pada Jasa Detektif Swasta yang telah Anda pilih. Sebelum penyelidikan di mulai, Anda pasti akan melakukan pertemuan, negosiasi, menceritakan alur permasalahan dan menyampaikan apa yang Anda inginkan.

Jika Anda telah memberikan perintah kerja pada mereka, yakinkanlah bahwa mereka akan mengerjakan yang terbaik untuk Anda, jangan tergesa-gesa dalam menginginkan hasil yang maksimal dan ikut terlibat atau turun dalam penyelidikan yang justru akan dapat membahayakan diri Anda sendiri. Ingatlah bahwa Anda memegang kontrak kerja dengan mereka.